Rabu, 02 Februari 2011

Rawon Surabaya



Lama gak nulis di blog masak ini, bukan brati gak pernah masak, tapi males banget menulis dan memotret hasil masakan saya. Karena kesibukan maka jadwal masak paling saya lakukan di hari libur saja.Selebihnya pembntu yang masak, kebetulan punya pembantu yang suka masak dan bisa dibilang cepet nangkep kalo diajarin.

Untuk memulai kembali nulis, ini saya sertakan resep rawon ala saya, resep yang biasa kami pakai di rumah. Dan baru kali ini punya kesempatan untuk mencatatnya ulang dan menuangkan di blog masak sendiri.

Rawon Surabaya

2liter air

½ kg daging sapi potong dadu

1 bh labu siam potong dadu.

4 lbr daun jeruk

3 batang serai memarkan

4 cm lengkuas memarkan

Daun bawang secukupnya

3 sdt air asam

Garam secukupnya

Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu Halus:

6 btr keluwek, kerok isinya

2sdt ketumbar shangrai

½ sdt jinten shangrai

10 bawang merah

7 bawang putih

6 cabai merah

2 ruas kunyit

2 ruas jahe

Cara Membuat:

1. Didihkan air di panci, biarkan sampai mendidih.

2..Panaskan beberapa sendok makan minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus beserta sereh, lengkuas dan daun jeruk sampai wangi, lalu masukkan air asam.

3. Masukkan daging ke dalam tumisan, aduk rata sampai bumbu meresap.

4. Lalu masukkan tumisan ke dalam air mendidih tadi, biarkan daging mengempuk, lalu masukkan garam lalu bubuhkan sedikit gula sampai rasanya pas.Masukkan labu.

5. Terakhir masukkan potongan daun bawang.

6. Sajikan bersama sambel terasi, tauge segar, telor asin dan kerupuk udang.

7. Rawon lebih enak jika disajikan sehari setelah masak, akan lebih meresap dan kuah lebih mengental.



Kenapa ada labu di resep rawon ini? Ehehehe..ini sebenarnya cuma kebiasaan aja di keluarga saya untuk nambahin labu siam. Jaman dulu mungkin eyang kalo masak rawon dagingnya gak banyak, jadi biar isinya makin banyak jadi ditambahin labu. Tapi menurut saya lama- lama adanya labu di dalam rawon ini jadi menciptakan citarasa tersendiri, dan kayaknya buat saya jadi enggak nikmat rawon tanpa labu, ehehehe….

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: