Sabtu, 25 Januari 2014

Mpek mpek Palembang

Sebenernya saya gak punya dorongan kuat u bisa bikin mpek2, lha wong hampir sebulan sekali dapat kiriman mpek2 123 dari lampung yang terkenal maknyus itu.
Tapi kali ini karena Lulla kepingin masak memasak di dapur, maka saya ajak ia membuat makanan yg paling disukainya, yaitu mpek2. 

Mpek mpek palembang 
Bahan :
450 gr ikan tenggiri
225gr sagu tani
Air es
2 sdm minyak goreng 

Bumbu halus: 
4 siung bawang putih
2sdt garam
Sejumput gula .


Kuah cuko :
- gula merah
- air asam
- cabe rawit
- ebi (cuci, sangrai, haluskan)
- bawang putih
- cuka 
- garam


Cara :
1. Kerok daging ikan tenggiri dr kulit dan tulangnya. Jika ada food processor akan lebih mudah. Saya menggunakan cara manual yaitu mengerok dengan sendok lalu dihaluskan dng punggung sendok.

2. Letakkan daging ikan ke wadah (mangkok) padatkan hingga memenuhi mangkok. Mangkok yg sama akan dipakai untuk menakar air es. Siapkan air es dng volume yg sama dng ikan. 

3. Masukkan ikan kedalam baskom lalu masukkan bumbu halus, aduk rata. Masukkan air es perlahan sambil terus mengaduk ikan.

4. setelah tercampur, masukkan sagu tani sesendok demi sesendok, aduk rata.

5. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk hingga rata dan adonan menjadi kalis.

6. Didihkan air dalam panci besar, bentuk adonan dengan bantuan plastik yg sudah dilumuri minyak , bentuk adonan dlm bentuk silinder memanjang.

7. cemplungkan langsung ke panci berisi air mendidih tanpa harus dipegang tangan. Karena adonan mpek2 ini lembut dan lemas sekali ;)

8. Setelah mengambang angkat mpek2 lalu tiriskan.

9. Kuah Cuko : masak gula merah bersama air sampai mendidih. Saring. Tambahkan air asam  dan bumbu halus (cabe, garam, ebi, bawang putih). Aduk rata sampai mendidih. tambahkan sedikit cuka atau air jeruk nipis. Terakhir saring agar tidak terlalu banyak ampas cabe dll. 

10. Mpek mpek dapat langsung dimakan bersama cuko atau jika lebih suka digoreng maka goreng di minyak bersih yang panas.

Menurut saya untuk membuat cuko tdk dapat diberikan takaran fix, kadang tingkat keasaman dan kepedasan dpt dilakukan sesuai selera masing2. Ada baiknya dlm mencapur air asam dan cabe rawit jangan sekaligus dalam jumlah banyak, tapi bertahap sambil terus dicoba.

Ayam kalasan ala Ewoy

Saya sangat suka ayam goreng yang rasanya gurih dan ada manis-manisnya, ayam kalasan adl salah satu menu favorit saya. 
Ayam kalasan adl ayam goreng khas jawa tengah, meski bentuknya sama saja spt ayam goreng biasa tapi rasanya berbeda.
Kali ini saya coba racik sendiri, hasilnya memuaskan, makan jadi berselera banget, gurih sampe ke tulang.


Ayam Goreng Kalasan ala Ewoy 
Bahan :
2 ekor ayam kampung ukuran sedang (potong 8 masing2)
2000ml air kelapa
4 lembar daun salam
3sdm gula merah ug sdh disisir

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 butir kemiri
1sdm ketumbar shangrai
1 ruas kunyit
2 ruas lengkuas parut

Cara membuat :
1. Bersihkan ayam, masukkan ke wajan dng api menyala, campurkan bumbu halus, aduk rata.
2. Masukkan bumbu2 lain lalu masukkan air kelapa, aduk rata.
3. Ungkep ayam hingga air kelapa tiris. 
4. Jika ayam masih keras dan air mulai tiris, tambahkan lagi air kelapa, jika masih ada sisa jika tidak dapat diberikan air biasa.
5. Sebelum disajikan goreng dalam minyak panas.
6. Sajikan dng nasi, sambal dan lalapan .

Karena saya menggunakan ayam kampung, saya memakai lebih banyak air kelapa, proses ungkepnya pun lama, jika pembaca menggunakan ayam negeri, mungkin air kelapanya dikurangi 50% nya krn ayam negri jauh lebih cepat empuk.

Selamat mencoba ;)

Mie godog jowo

Hujan seharian, sampe malam ini saya nulis ini diluar masih hujan, up and down aja, kadang deras kadang intensitas sedang, kadang gerimis, tp kl reda enggak.

Seharian kami gak keluar rumah, suasana dingin maka enaknya makan yg hangat dan pedas. 
Papa nya anak2 suka sekali mi godog ala jawa, liat bahan2 di kulkas ada semua, langsung bikin.

Mie godog jawa

Bahan :
750ml air
Mie telur 200 gr rebus dan saring
Telur 2 butir kocok dan buat jadi orak arik
1/4 ekor ayam kampung
Sosis ayam iris tipis
Wortel iris memanjang tipis
Daun bawang iris memanjang
1 btr tomat merah
6 cabe merah ( iris memanjang)
4 cabe rawit merah (iris)

Bumbu halus: 
6 siung bawang putih
3 siung bawang merah
Lada (sesuai selera)
Garam

Cara :
1. Rebus ayam di air, masukkan 1 butir bawang putih geprek dan bawang merah geprek u memberi aroma, masak hingga ayam empuk. Setelah empuk, ayam diiris.
2. Tumis bumbu, hingga harum, masukkan cabe, lalu masukkan ayam, wortel dan sosis, dan telur, lalu masukkan mie yg sdh direbus.
3. Aduk rata, lalu masukkan air kaldu, aduk rata, terakhir masukkan tomat dan daun bawang.
4. Sajikan hangat.

Saya enggak buat pedas, karena anak2 ikut makan. 
U papanya yg suka pedas, saya buatkan irisan halus cabe rawit merah diberi sedikit kecap asin.

Rasanya enak sekali disantap hangat2 begini.

Minggu, 05 Januari 2014

Pindang telur ikan ala ewoy


Masih seputar kegiatan belanja saya di pasar. Saya adl type penyuka pasar tradisional, mengapa? Dari sisi harga, pasar tradisional jauh lbh murah, qualitas barang yg lumayan bagus dan segar, dan ada 1 efek psikologis berupa interaksi yg hangat antara pedagang dan pembeli bahkan sesama pembeli. 
Saya punya pasar langganan, yaitu Pasar Depok Jaya, pasar semi modern, relatif bersih dng kualitas barang yg bagus.

Pagi tadi saya menemukan seorang penjual ikan menjual bbrp potong telur ikan, besar2 sekali. Sekilo 60ribu.

Saya teringat pada rumah makan pindang Ika di daerah lampung yg pernah saya kunjungi. Mereka menawarkan menu pindang telur ikan. Rasanya fantastis, mnrt saya jauh lbh enak dari ikan.

Maka siang tadi saya mencoba membuat pindang telur ikan, cara pembuatannya sama spt pindang meranjat yg pernah saya posting, silahkan scroll ke bawah terus saja jika mau liat resep nya.
Kali ini saya ikut memasukkan ikan gindara, krn ada beberapa org dirumah tidak suka telur ikan.

Rasanya yummy sekali, saya sampe nambah2.

Bolu kukus merekah

Anak suami paling suka sama bolu kukus satu ini. Bolu mekar dan lembut yg enak sekali di lidah. Bikinnya ga susah, bahannya gampang didapat. Pokoknya dijamin jauh lebih enak daripada yg dijual diluaran, karena setiap baru diangkat wanginya aduhai dan tekstur lembut karena hangatnya membelai lidah, tsaaah! Haha


Bolu Kukus Mekar 

Bahan:
2 btr telur
225 gr gula pasir
1sdt TBM
1sdt baking powder
250gr tepung terigu protein sedang
1/4 sdt pandan pasta (ewoy pake air pandan asli dr 4 lembar daun pandan)
150 ml minuman bersoda (ewoy pakai sprite)

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula,TBM dan baking powder sampai kaku (sampai putih dan kental-ewoy*)
2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil  bergantian dengan minuman bersoda (sprite- ewoy*). Jangan sekaligus dimasukkan. Setiap masuk tepung, aduk rata lalu masukkan sprite aduk rata lagi lalu ulangi proses trsb hingga tepung dan sprite habis.
3. Ambil beberapa sendok adonan campur dng pandan pasta atau air pandan. Aduk rata.
4.Sendokkan adonan putih ke cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas sebanyak 3/4 bagian, lalu bagian atas sendokkan adonan yg hijau u variasi warna.
5.Kukus adonan 10 menit dengan api besar (ewoy mendidihkan air dalam kukusan sebelum meletakkan adonan didalamnya spy kue lekas mengembang).


Gindara steak yellow sauce ala ewoy

Tadi pagi sepulang jalan pagi dng anak2, saya mampir ke pasar langanan. Tujuan pertama adl tukang ikan, di tukang ikan langganan pas ada ikan gindara, beli setengah kilo, awalnya cm mau bikin shabu2. Tapi sesampai di rumah banyak orderan dr seisi rumah spy saya masak pindang ikan. Akhirnya separo gindara dipindang. Dan sisanya pas malam hari dibikin steak, bener2 batal shabu ing ;)

Ada sedikit jamur dan susu evaporated di kulkas. Kita bikin steak aja kl gitu, cemplung sana sini, maka jadilah ;)
Porsinya kecil, krn ini sisa tadi siang, potongannya jg ga fit u steak, tp yg penting rasa ya ;)


Gindara steak yellow sauce ala ewoy

Bahan :
75 gr butter
100 gr keju, lalu parut
2 sdm jamur cincang
300 ml susu evaporated
2 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sdt lada hitam (optional) 
1sdt tepung maizena, larutkan dng sedikit air
1 sdm air lemon

250 gr ikan gindara
1 btr jeruk lemon/ lime ambil air nya
1/2 sdt lada hitam 

Pelengkap :
Wortel
Brokoli
Zuchini
Tomat
Kentang

Cara :
1. Rendam ikan di air jeruk dan lada hitam, sisihkan.

2. Rebus wortel, zuchini dan brokoli, jgn terlalu empuk. Lalu tumis sebentar dng sedikit butter, taburi lada hitam dan jika suka aroma bawang saat menumis beri bbrp irisan bawang bombay.

3. Belah 2 sebutir tomat, panggang diatas griller, diatasnya taburi keju, lada hitam dan bawang putih.

4. Panggang gindara di atas griller dng api kecil agar matang sempurna.

5. Sauce : lelehkan butter di penggorengan, lalu tumis jamur dan bawang putih hingga layu, masukkan lada hitam, disusul keju dan susu evaporated dan air jeruk, jika kurang asin dapat ditambah garam, untuk mengentalkan masukkan larutan maizena, aduk rata.

6. Bersihkan kentang, tidak perlu dikupas. Goreng atau panggang , sesuai selera. 

7.Sajikan Gindara,Kentang, sayuran pelengkap dan sauce dalam 1 piring dlm keadaan hangat. 

Sabtu, 30 November 2013

Pecak gurame bening

Beberapa kali makan menu ini i restoran betawi yang saya singgahi, Lulla dan husb sangat suka dengan gurame goreng kering yang disiram bumbu pecak ini. Tiap ada makanan yg mereka suka saya selalu tertantang u bisa masaknya. Sudah lama saya coba cari di google tp resep pecak bening bgini ga nemu, yg byk beredar pecak bersantan atau berbumbu kacang.
Nah tadi pagi coba mengingat2 rasanya, lalu langsung coba hasilnya mirip kayak di restoran betawi di sawangan bogor, hehehe.
Rasanya asem asin segar, aroma bumbu bikin kuahnya terasa nikmat banget.

Pecak gurame bening ala ewoy

Bahan :
1 kg ikan gurame (ukuran sedang)
2 btr jeruk nipis
Garam

Bumbu :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas jahe
2 ruas kunyit
2 ruas kencur
3 batang sereh
3 batang temu kunci
6 buah cabai merah
4 buah cabai rawit merah
500ml air
Minyak goreng
Gula
Garam

Tambahan :
4 buah jeruk limo
3 buah tomat hijau iris

Cara :
1. Bersihkan ikan gurame, lumuri jeruk nipis dan garam, sisihkan 30 menit.
2. Bersihkan bumbu2, lalu shangrai  sampai wangi, ulek kasar.
3. Tumis bumbu diatas minyak goreng, lalu masukkan air, diikuti tomat hijau, air jeruk limau (buang biji agar tidak pahit),tambahkan garam dan 1/4 sdt gula sebagai penambah rasa, masak hingga mendidih.
4. Goreng ikan gurame, dengan minyak banyak sampai terendam, goreng kering.
5. Tempatkan ikan di piring, lalu siram kuah bumbu, sajikan hangat bersama sambal.




Dimakan di siang hari bersama nasi panas akan luar biasa nikmat ;)
Selamat mencoba ;)

Senin, 18 November 2013

Cake Kentang

Di rumah anak2 suka makan, jadinya dapur cukup aktif produce panganan, kali ini nyoba cake kentang ala mbak Asih, pakai takaran tebak2 yang kemudian saya bahasakan dalam takaran agar mudah dicoba oleh pembaca blog ini.

Cake Kentang

Bahan: 
3 butir kuning telur
3 butir putih telur
500gr kentang (kupas,kukus lalu blender)
260gr terigu
250ml susu
300gr gula
1sdr vanili
2 sdm margarine (lelehkan)
Kismis

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur, gula dan vanili hingga mengembang atau berubah warna menjadi putih.
2. Masukkan putih telur, campur rata, masukkan kentang, terigu dan susu, masukkan hingga rata.
3. Terakhir masukkan mentega, aduk rata.
4. Tuang ke loyang yang telah dioles margarine, lalu taburi kismis diatas adonan.
5. Panggang hingga matang.

Tenggiri Steak Lime Sauce

Hari ini tidak ngantor, Berry diserang sariawan di mulut, gak cuma satu tapi banyak. Krn rewel dan ga mau makan, terpaksa gw ijin dr ngantor. Sore hari ketika papanya bisa handle berry, gw masuk dapur, iseng pengen makan steak ikan. Ga ada salmon di kulkas, adanya tenggiri, ya gak apa2 tetep dicoba.

Hasilnya ya lumayan lah, andai ada salmon atau jamur pasti lebih enak deh ;)
Lumayan lah u variasi menu di rumah.



Tenggiri Steak Lime Sauce


Bahan:
250 gr tenggiri (kurang lebih 3 slice bagian badan)
1/2 buah jeruk lemon 
2sdm bbq sauce botolan
1 sdt lada hitam


Bahan sauce lime :
200ml susu segar
2 buah bawang putih cincang halus
1/2 sdt oregano
1sdt tepung maizena larutkan sedikit susu
50 gr keju easy melted parut
3sdm air jeruk lime
2sdm butter

Pelengkap (sayuran sauted) :
Buncis
Wortel rebus
Kacang polong
1 sdt butter

1 sdt thyme leaves


Cara membuat :
1. Rendam ikan tenggiri dalam prrasan lemon, lada hitam dan sauce bbq, biarkan 30mnt (lbh lama lbh baik).

2. Tumis bawang putih dengan butter sampai harum, masukkan oregano, susu, keju, air jeruk lime dan terakhir maizena, aduk hingga mengental. 

3. Tumis sayuran dng bawang putih, butter dan thyme leaves. 

4. Panggang ikan dalam panggangan anti lengket yg telah dioles sedikit butter, panggang dlm api kecil, jangan sering2 dibolak balik agar ikan matang dengan rata.

5. Sajikan dengan sayuran dan kentang kukus/ french fries.



Minggu, 17 November 2013

Kerapu steam

Jika tenggorokan lagi sakit, makan apapun yang berminyak akan terasa gak nyaman. Karena itu kali ini saya masak tanpa minyak sedikitpun. Anak2 pun bisa makan, karena untuk anak2 saya hanya kasih sedikit cabai. Rasanya nikmat dimakan saat hangat.

Kerapu steam ala ewoy

Bahan
500gr ikan kerapu rendam dalam air jeruk nipis

300ml kaldu udang
3 sdm kecap inggris
3 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1sdt minyak wijen
1 sdm kecap ikan
4 buah cabai merah keriting iris halus
2 buah cabe rawit merah iris halus 
1/2 butir bawang bombay iris
2 batang sereh geprek
Daun ketumbar sesuai selera

Campur semua bahan, masukkan tiap ikan kedalam takir alumunium foil bersama kuah2 nya, bungkus rapat, kukus sampai ikan masak.

Sajikan bersama sambal mangga ala thai dan tumis kailan.





Ikan Bakar Sulawesi (ikan kuwe bakar bumbu pedas)

Mertua alm punya signature dish, ikan kuwe bakar bumbu pedas. Yang menarik, ikan ini dibakar dengan lapisan daun dan ikan dibakar tanpa gosong sama sekali. Ada teknik khusus u membakarnya agar permukaan ikan sama sekali tidak gosong.

Yang paling baik adalah jika kita membakarnya di bara api, tapi karena saya tidak memiliki panggangan dan arang, saya membakarnya di happycall saja ;).

Cara bikinnya gak sulit, cuma butuh telaten saja u mengganti2 daun dan membakar di api kecil.selamat mencoba ;)
 
Ikan bakar sulawesi (ikan kuwe bakar bumbu pedas)

Bahan :
Ikan kuwe ukuran sedang
1 buah jeruk nipis
1sdt garam
Daun pisang untuk membungkus

Sambal tomat :
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
15 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
2 buah tomat merah
1 buah bawang bombay
2 buah sereh geprek
Garam
Minyak goreng untuk menumis

Cara:
1. Bersihkan ikan, lumuri garam dan air jeruk, sisihkan 30 menit lalu bungkus dengan daun pisang yg sudah bersih.
2. Panggang ikan dlm bara api atau griller, saya menggunakan happycall. Jangan gunakan minyak, panggang dalam api kecil.
3. Ganti daun jika sudah mulai gosong agar ikan tidak ikut gosong, bolak balik ikan agar tidak mudah gosong. Lakukan hal tersebut berulang ulang agar mendapat hasil yang sempurna.
4. Rebus cabai dan tomat hingga matang. 
5. Uleg kasar cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih.
6. Iris bawang bombay, lalu tumis di minyak goreng secukupnya, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan sereh. Masak hingga matang.
7. Setelah ikan matang, kupas dari daunnya, siram ikan dng sambal tomat.




Senin, 11 November 2013

Juice Sayuran dan Buah

Sudah sejak awal tahun saya mencoba pola hidup sehat, mengkonsumsi serat sebanyak mungkin sebagai asupan harian. Ikut2an trend hidup sehat kah?
Saya enggak mau menyebutnya ikut2an, tapi kalo saya terinspirasi sih iya, banyakorang sekarang menginspirasi kita di media social tentang pilihan2 menu yang layak dikonsumsi karena nilai gizi yang baik dan bagus untuk kesehatan, mau jadikan itu gaya hidup atau tidak ya kembali lagi di masing2 orang.

Saya memberi hastag #juice4bfast untuk semua menu juice saya di Instagram. Juice biasanya saya konsumsi di pagi hari sebelum sarapan apa2.
Juice ini tidak menggunakan tambahan gula, kadang saya pakai youghurt atau oat jika sedang kepengen, no gula atau madu. Untuk sayuran saya tidak memasaknya terlebih dahulu, langsung dijuice setelah di cuci bersih.

Bagaimana rasanya? ada beberapa yang enak ada juga yang sama sekali gak enak. Saya pernah mencoba terong belanda yang ternyata belum matang, astaga.. pait luar biasa.

Untuk mempadu padankan jenis buah dan sayur, sebenernya saya hanya menyesuaikan dengan kesemiripan warna, artinya saya gak mau tabrak hijau dan merah, bukan karena sok matching tapi nanti kawatir juice berwarna butek gak enak dilihat hehehe...

Sedikit tips dari saya, untuk pemula yang berminat membuat campuran juice buah dan sayuran, jangna lupa untuk mencampurkan jeruk lemon atau lime atau nanas sebagai tambahan, agar bau langu pada sayuran mentah tertutupi sedikit. Tapi kalau sudah biasa mungkin gak harus seperti itu.

Berikut list sebagian resep juice saya, jika tertarik silahkan mencoba :)



Daun Kucai - daun mint - nenas - apel - manga - sedikit juice orange untuk perasa manis
 

Wortel- tomat - strawberry - apel - melon


Brokoli - danu salam muda - strawberry - nanas madu - apel - kurma
 

Semangka - bayam merah - jeruk nipis - apel - jeruk medan

Bayam merah - buah naga merah - nanas madu - apel

Daun Kucai - kiwi - pepino - jeruk nipis - apel

RESEP JUICE FOR BFAST
No Komposisi Rasa Warna Rekomendasi
1 Nanas + Bok coy Asam Hijau Pekat Lumayan
2 Semangka + Apel + Bayam Hijau + Jeruk nipis + Oat manis keasaman Hijau Kecoklatan Lumayan
3 Apel Fuji + Pepino + Bayam + 2 sdm Oat + Pear Hijau Manis Hijau Pekat Lumayan
4 Pear Kuning Manis + Nanas + Brocoli + pepino manis keasaman Hijau Muda Lumayan
5 Wortel + pepaya california + apel fuji + 2 sdm oats manis Orange Enak
6 Pisang Beku + Pear Hijau + Apel Fuji + 2 sdm oats + youghurt plain manis putih Enak
7 Bok coy + timun jepang + Apel Fuji + Pear Kuning manis + 150cc juice orange  manis hijau muda Lumayan
8 Apel Fuji + Bok coy + Nanas manis keasaman hijau muda Lumayan
9 Labu parang + wortel + tomat + lemon + trong belanda + 150ml juice mangga kemasan agak pait (terong belanda tdk matang) orange kecoklatan tidak enak
10 Pear Kuning Manis + Nanas + Bok Coy manis keasaman hijau muda Lumayan
11 Wortel + labu parang + tomat + Apel Fuji Asam orange Lumayan
12 Pear kuning manis + nanas + brocoli + timun jepang manis keasaman hijau Lumayan
13 Brocoli + pepino + nanas +apel fuji manis keasaman hijau Lumayan
14 Daun Kucai + nanas + apel fuji + mangga + 150ml juice mangga manis keasaman hijau pekat Lumayan
15 Sawi (caisim) + melon + pear kuning manis + youghurt plain + jahe manis agak pedas (krn jahe) hijau  tidak enak
16 Pisang beku + nanas + apel fuji + sawi (caisim) + Brocoli manis keasaman hijau terang Lumayan
17 nanas+ pepaya california + melon kuning + beetroot manis agak apek (krn beetroot) merah tidak enak
18 pepaya + semangka+ jambu batu+ wortel manis orange kemerahan enak
19 pepaya + semangka+ jambu batu+ wortel + strawberry manis orange kemerahan enak
20 nanas + caisim + daun mint + pear kuning manis manis hijau terang enak
21 nanas + brocoli + belimbing + pear kuning manis manis keasaman kuning kehijauan Enak
22 kailan + mangga + nanas manis keasaman hijau pekat Enak
23 nanas + guava + apel fuji + pepaya + kailan manis Hijau Kecoklatan Lumayan
24 apel fuji + jeruk mandarin + tomat + strawberry manis orange enak
25 mangga + belimbing+ brocoli + melon orange manis  kuning kehijauan enak
26 pepaya california + melon orange + jeruk lemon (kupas kulitnya) manis  orange enak
27 nanas + pisang beku + jeruk mandarin + apel washington manis hijau kekuningan Enak
28 nanas + brokoli + kurma + strawberry + apel fuji manis hijau kecoklatan Lumayan
29 melon golden + timun jepang + belimbing + apel fuji + youghurt rasa peach manis agak apek (perpaduan kulit timun dng rasa youghurt kurang oke) putih kehijauan tidak enak
30 melon golden + nanas+ apel washington + belimbing + timun jepang manis putih kehijauan Lumayan
31 semangka + jeruk mandarin + strawberry manis  merah enak
32 pepaya california +belimbing + apel washington + youghurt rasa peach manis orange terang enak
33 melon + wortel + tomat + strawberry + apel fuji manis orange  enak