Sabtu, 25 Januari 2014

Mpek mpek Palembang

Sebenernya saya gak punya dorongan kuat u bisa bikin mpek2, lha wong hampir sebulan sekali dapat kiriman mpek2 123 dari lampung yang terkenal maknyus itu.
Tapi kali ini karena Lulla kepingin masak memasak di dapur, maka saya ajak ia membuat makanan yg paling disukainya, yaitu mpek2. 

Mpek mpek palembang 
Bahan :
450 gr ikan tenggiri
225gr sagu tani
Air es
2 sdm minyak goreng 

Bumbu halus: 
4 siung bawang putih
2sdt garam
Sejumput gula .


Kuah cuko :
- gula merah
- air asam
- cabe rawit
- ebi (cuci, sangrai, haluskan)
- bawang putih
- cuka 
- garam


Cara :
1. Kerok daging ikan tenggiri dr kulit dan tulangnya. Jika ada food processor akan lebih mudah. Saya menggunakan cara manual yaitu mengerok dengan sendok lalu dihaluskan dng punggung sendok.

2. Letakkan daging ikan ke wadah (mangkok) padatkan hingga memenuhi mangkok. Mangkok yg sama akan dipakai untuk menakar air es. Siapkan air es dng volume yg sama dng ikan. 

3. Masukkan ikan kedalam baskom lalu masukkan bumbu halus, aduk rata. Masukkan air es perlahan sambil terus mengaduk ikan.

4. setelah tercampur, masukkan sagu tani sesendok demi sesendok, aduk rata.

5. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk hingga rata dan adonan menjadi kalis.

6. Didihkan air dalam panci besar, bentuk adonan dengan bantuan plastik yg sudah dilumuri minyak , bentuk adonan dlm bentuk silinder memanjang.

7. cemplungkan langsung ke panci berisi air mendidih tanpa harus dipegang tangan. Karena adonan mpek2 ini lembut dan lemas sekali ;)

8. Setelah mengambang angkat mpek2 lalu tiriskan.

9. Kuah Cuko : masak gula merah bersama air sampai mendidih. Saring. Tambahkan air asam  dan bumbu halus (cabe, garam, ebi, bawang putih). Aduk rata sampai mendidih. tambahkan sedikit cuka atau air jeruk nipis. Terakhir saring agar tidak terlalu banyak ampas cabe dll. 

10. Mpek mpek dapat langsung dimakan bersama cuko atau jika lebih suka digoreng maka goreng di minyak bersih yang panas.

Menurut saya untuk membuat cuko tdk dapat diberikan takaran fix, kadang tingkat keasaman dan kepedasan dpt dilakukan sesuai selera masing2. Ada baiknya dlm mencapur air asam dan cabe rawit jangan sekaligus dalam jumlah banyak, tapi bertahap sambil terus dicoba.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Hmm... nyummy