Sabtu, 13 Oktober 2012

Poffertjes

Beruntungnya daku dapet wajan poffertjes dari mama, katanya biar bisa bikin poffertjes u Tori. Lalu browsing2 resep di internet, dapet dari web siapa gitu lupa, pokoknya katanya ini resep podfertjesnya mbak Emma Isti, saya gak kenal sih siapa itu, tp krn ini bkn resep otentik saya ya saya harus sebut ini resep siapa, gitu deh.. ;)

Poffertjes
by: Mbak Emma Isti

Bahan:
200 gr terigu
35-40 gr gula
250 ml susu uht
2 butir telur, kocok lepas hingga berbuih
1 sdt ragi instant
1/2 sdt garam
75 butter, lelehkan

Cara membuat:
1. Campur tepung, ragi, gula dan garam, aduk rata kemudian buat lubang ditengah-tengah.
2. Tuang susu sedikiti demi sedikit ke dalam campuran bahan kering, aduk sampai halus & tidak bergerindil.
3. Masukkan kocokan telur yg sudah dikocok sampai berbuih ke dalam campuran tepung, aduk rata kemudian diamkan kira-kira 20-30 menitan.
4. Sesaat sebelum dibakar, tambahkan mentega leleh, aduk rata.
5. Panaskan cetakan poffertjes yg telah dioles tipis dengan butter, tuang adonan biarkan matang kemudian balik untuk mematangkan sisi yang lainnya.
6. Angkat bila kedua sisinya sudah matang & hidangkan sesuai selera.

Penyajiannya saya masukkan ke plastik berisi gula halus, lalu kocok2 biar merata, lalu sajikan di piring.

Rasanya gmn? Enak deh..recomended u dicoba..
Btw, tahap yg paling penting menurut saya adalah saat menguleni adonan kering dengan susu, harus sedikit demi sedikit.Dan ketika adonan siap dibakar saya pindahkan kewadah gelas takar yg ada moncongnya, jd memudahkan saat proses penuangan..satu lagi yg penting, panggang di api kecil ya,tapi sebelumnya panggangan panaskan dahulu.

Selamat mencoba!

1 komentar:

Adhoet mengatakan...

Matengnya ampe kedalemnya nggak, mbak?