Minggu, 25 November 2007

Kerang Saos Padang


Ke rumah Oma, trus liat ada resep ini di salah satu kumpulan resepnya Primarasa, kebetulan kepengen ngolah kerang yang lain dari biasanya (biasanya gw cuma ngerebus biasa aja atau dibikin soup seafood), ya udah akhirnya bilang ke Oma, "pinjem dulu Primarasa-nya yeee...."
Trus nyicipin deh mbikin kerang saos Padang, yumm...yummm...
Gw juga suka kalo kerangnya direbus biasa aja, trus dimakan pake saos sambal, seger -seger...Tapi biar amisnya ilang dikit, gw suka pakein potongan jahe di air rebusannya.

Kerang Rebus cocol saos..

Kerang Saus Padang
Sumber : Buku ‘a la Kaki Lima’ Primarasa
Bahan :
1000 g kerang hijau
Air untuk merebus kerang
2 sdm minyak goreng untuk menumis
2 cm jahe, cincang
1 – 2 buah tomat, cincang
500 ml air
200 g nanas kupas, parut
1 sdm cuka
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Saus : (campurkan)
3 – 4 sdm saus tomat botolan
1 sdm saus cabai1 sdm kecap manis
2 sdt gula pasir
½ sdt merica

Bumbu halus:
13 buah cabai keriting
50 g bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara Membuat:

1. Sikat kerang sampai bersih, buang ‘serabut’nya, kemudian rebus dalam air sampai kulitnya terbuka dan kerang matang, angkat dan tiriskan. Buka kulit kerang, biarkan daging kerang tetap melekat pada salah satu kulitnya, buang kulit pasangannya, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis jahe dan bumbu halus sampai harum. Masukkan tomat cincang, aduk sampai layu, tuangi campuran saus.
3. Masukkan air dan kerang rebus. Bubuhkan garam bila perlu, masak sampai seluruh bahan cukup matang dan tidak berbau langu, tambahkan nanas parut dan cuka, aduk.
4. Masukkan larutan tepung maizena, aduk sampai kental, angkat.

2 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Abi mengatakan...

mo nge-iklan niih
pengin dapetin kerang air tawar sungai dari petani kerang di pedesaan Jawa Tengah .. sekarang bisa pesen lebih cepat dan lebih dekat, pesan ke sion pake email abi.rifat@gmail.com ato http://abiyon.multiply.com harga grosir kayak beli langsung ke petani kerang pasti lebih murah, buat jabotabek gratis ongkos kirim. silahkan pilih mau kerang yang masih hidup atau mau kerang yang sudah dikupas siap dimasak juga ada …