Kamis, 24 Januari 2008

Abon Ikan Pedas


Kalo mampir ke beberapa resto manado suka nemuin menu ini,tapi kalo enggak salah disana disebutnya ikan Rowa (entahlah gimana nulisnya),disajikannya biasanya sama nasi kuning komplit ala manado (ada ayam goreng,balado telor plus kerupuk).nah…pas nemu resep ini langsung girang setengah mati,semangat untuk nyoba.Pas banget untuk dihidangkan dengan nasi kuning lengkap,Hubby sukaaaaaaa banget,pedas dan ikan geto loooooh!!!

Nasi kuning kumplit Manado

Abon Ikan Pedas
Sumber Majalah Noor Oktober 2006

Bahan :
1 kg ikan tongkol segar – ewoy memakai ikan cuwe’ tongkol
½ ltr minyak sayur
7 siung bwng putih
½ kg bawang merah10 lbr daun jeruk
2 btng sereh
3 btr jeruk nipis
3cm jahe
1 sdt gula pasir
1 sdm garam

Cara Membuat :
1. Ikan tongkol dibersihkan,beri garam, dan air jeruk,diamkan sejenak.Lalu kukus hingga matang,dinginkan,lalu suwir-suwir. (jika menggunakan ikan cuwe’ tongkol tidak perlu melalui proses ini,karena cuwe’ tongkol sudah matang siap disuwir, tinggal menggoreng sebentar agar matang)
2. Haluskan bawang putih,cabe merah dan jahe. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak banyak,tambahkan daun jeruk dan sereh
3.Setelah bumbu masak,masukkan suwiran ikan,tambahkan garamdan gula pasir,masak sampai ikannya kering.
4. Setelah ikan kering,matikan api tempatkan ikan di tepi kuali agar minyaknya turun.
masukkan ke wadah kedap udara setelah ikan benar-benar dingin.
5. Sajikan bila saat makan tiba.

Note :
Abon ikan ini dpat digunakan sebagai isian roti,pelengkap nasi kuning atau nasi uduk.Cukup lezat disantap bersama nasi putih hangat.

1 komentar:

Lesca Boma mengatakan...

nah, kalo yang ini makanan kesenenganku. tiap hari disuruh makan nasi kuning ga nolak deh, serasa sukuran terus.... hehehe :D